12.
MANAJEMEN, ORGANISASI DAN TATA KERJA
Telah
dibahas sebelumnya tentang manajemen, organisasi serta tata kerja. Maka, kali
ini akan dibahas apa hubungan timbal balik antara ketiga masalah
tersebut?
Eratnya
hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai
berikut :
Manajemen
: Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
Organisasi
: Alat atau wadah bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan
kerjasama.
Tata
kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus
dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Dalam
setiap organisasi pasti ada pembagian "jabatan" dari ketua, wakil,
bendahara, sekretaris, seksi ini, seksi itu, dll. Untuk membentuk tingkat
jabatan tersebut, biasanya diambil dengan cara voting, pengajuan diri,
penunjukkan, dll. Hal ini dapat dikategorikan dalam awal mula tata kerja,
dimana setelah penentuan jabatan, tentu diperlukan suatu rencana program kerja
yang disusun sedemikian rupa.
Dengan
tata kerja, dapat direncanakan tahap demi tahap sistemasi bagi masing-masing
jabatan organisasi agar terencana, teratur, terata dan terorganisir. Tanpa
sebuah tata kerja, organisasi tidak akan berjalan baik karena tata kerja
merupakan sistem yang mengatur suatu organisasi. Sehingga tata kerja yang
kurang baik dapat meruntuhkan manajemen dan organisasi. Adapula contoh tata
kerja koperasi yakni pembagian jadwal piket, jadwal jaga, pembagian panitia
acara besar, dll.
Adapula manajemen yang digunakan oleh organisasi dan tata kerja untuk mengatur, mengawasi, mengendalikan, "memotori", dan melaksanakan tugas secara efisien dan efekif untuk mencapai tujuan bersama. tanpa manajemen, sebuah organisasi tidak akan berjalan dengan baik. Contoh manajemen dalam -misalnya- koperasi adalah pengecekkan dan pengawasan pengeluaran dan pemasukkan dana yang berputar dalam buku besar dan kas koperasi.
MENGAPA
JURUSAN SITEM INFORMASI BELAJAR TENTANG "TEORI ORGANISASI UMUM"?
Organisasi
di zaman modern ini adalah hal yang tidak asing lagi di kehidupan kita. Dari
kalangan terdekat yang dapat kita temukan adalah Organisasi masyarakat yakni
RT/RW. Namun untuk skala bisnis dan perusahaan, organisasi adalah objek yang
wajib ditekuni bagi setiap "member" alias workers atau karyawan.
Sebagian besar dari kita pasti ingin menjadi seseorang yang berjabatan tinggi
dalam organisasi dunia perusahaan, karena semakin tinggi jabatannya, semakin
besar pula penghasilannya.
Sistem Informasi adalah jurusan yang sangat luas dan acceptable bagi seluruh perusahaan di dunia, karena orang lain berpikir bahwa lulusan SI "pasti" biasa berkutat dan "ahli" dengan komputer, serta memahami segala aplikasi yang diperlukan dalam dunia perusahaan. Apalagi jurusan SI bisa dipastikan dapat memahami software-software berbasis informasi, akuntansi, manajemen, dll yang tentunya sangat dibutuhkan bagi perusahaan. Tidak heran bahwa lulusan SI banyak yang berlayar di dunia perusahaan ternama.
Oleh karena itu, agar nantinya lulusan SI dipandang baik, maka seluruh mahasiswa/i SI "dibekali" ilmu tentang organisasi secara umum agar tidak "kaget" bila mengarungi dunia organisasi bisnis dan perusahaan di masa depan. Apalagi perusahaan di mana pun, memerlukan sesorang yang mampu berbaur dan beadaptasi serta ulet dalam dunia organisasi. Hal ini pula diperlukan agar nantinya diharapkan bagi lulusan SI dapat menjadi petinggi bahkan pemimpin sebuah perusahaan ternama dan mengharumkan nama jurusan serta Univeritas Gunadarma.
RANGKUMAN
Pada
dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu
organisasi dalam arti statis dan organisasi dalam arti dinamis.
Terdapat
hubungan yang erat antara manajemen, organisasi dan metode (tata kerja).
Manajemen,
organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara
efisien.
Komentar
Posting Komentar