08. Peran
Organisasi dan Metode Organisasi Dalam Sebuah Perusahaan
Pengertian Organisasi :
Organisasi
menurut Stoner adalah : suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana
orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
Organisasi
menurut James D. Mooney adalah : bentuk setiap perserikatan manusia untuk
mencapai tujuan bersama.
Organisasi
Menurut Chester I. Bernard adalah : suatu sistem aktivitas kerja sama yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Ciri-ciri
organisasi ialah:
1) terdiri daripada dua orang atau lebih
2) ada kerjasama
3) ada komunikasi antar satu anggota dengan yang lain
4) ada tujuan yang ingin dicapai
1) terdiri daripada dua orang atau lebih
2) ada kerjasama
3) ada komunikasi antar satu anggota dengan yang lain
4) ada tujuan yang ingin dicapai
Selain
itu Suatu organisasi harus memuat 4 unsur utama, yaitu:
1)
goals oriented (berorientasi tujuan)
2) Psychosocial system (sistem hubungan sosial)
3) structured activities
4) technological system.
2) Psychosocial system (sistem hubungan sosial)
3) structured activities
4) technological system.
Metode :
Berarti
suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Pengertian
organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian
proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber
dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan
memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka
mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Teori
Organisasi
1.
Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional)
Teori
klasik (classical theory) berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun
1800 (abad 19). Secara umum digambarkan oelh para teoritisi klasik sebagai
sangat desentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan
petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreativitas.
a.
Teori Birokrasi
Teori
ini dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya “The Protestant Ethic and Spirit
of Capitalism. Kata birokrasi mula-mula berasal dari kata legal-rasional.
Organisasi itu legal, karena wewenangnya berasal dari seperangkat aturan
prosedur dan peranan yang dirumuskan secara jelas, dan organisasi disebut
rasional dalam hal penetapan tujuan dan perancangan organisasi untuk mencapai
tujuan tersebut.
b.
Teori Administrasi
Teori
ini sebagian besar dikembangkan atas dasar sumbangan Henri Fayol dan Lyndall
Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reily dari Amerika.
Henry
Fayol industrialis dari Perancis, pada tahun 1841-1925 mengemukakan dan
membahas 14 kaidah manajemen yang menjadi dasar perkembangan teori administrasi
adalah :
-
Pembagian kerja (division of work)
-
Wewenang dan tanggung jawab (authorityand responsibility)
-
Disiplin (discipline)
-
Kesatuan perintah (unity of command)
-
Kesatuan pengarahan (unity of direction)
-
Mendahulukan kepentingan umum daraipada pribadi
-
Balas jasa (remuneration of personnel)
-
Sentralisasi (centralization)
-
Rantai scalar (scalar chain)
-
Aturan (oreder)
-
Keadilan (equity)
-
Kelanggengan personalia (stability of tenure of personnel)
-
Inisiatif (initiative)
-
Semangat korps (spirit de corps)
MACAM
ORGANISASI DARI SEGI TUJUAN DAN LUAS WILAYAHNYA
ORGANISASI
NIAGA
1.
Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.
Macam-macamnya
yaitu :
Perseroan
Terbatas (PT)
Perseroan
Komanditer (CV)
Firma
(FA)
Koperasi
Join
venture
Holding
Company
2.
Organisasi sosial dan organisasi kemasyarakatan.
Organisasi
yang dibentuk oleh anggota masyarakat.
Peran Organisasi
:
Jadi
secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk
mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang
ada. Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama,
agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Berdasarkan
arti dari organisasi yang diungkapkan oleh beberapa orang diatas, peran
organisasi dalam sebuah perusahaan sangatlah penting, karena perusahaan
didirikan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan untuk mencapai tujuan
tersebut dibutuhkan aktifitas, kerja sama, dan tentu saja orang yang melakukan
aktifitas tersebut atau sumber daya manusia yang ketiga unsur ini terdapat
dalam sebuah organisasi. Kesimpulanya, suatu perusahaan untuk mencapai tujuan
tertentu membutuhkan organisasi didalamnya agar bias tercapai tujuan tersebut.
Peran
Metode :
Setelah
mengetahui arti dari Metode itu sendiri, ktia bisa langsung
menyimpulkan bahwa selain peran organisasi, metode tidak kalah penting perannya
didalam sebuah perusahaan. Dengan adanya metode dalam sebuah perusahaan, maka
perusahaan tersebut akan lebih mudah dan teratur dalam mencapai tujuan, visi
dan misi yang telah ditetapkan. Namun menurut saya, ada beberapa factor yang
mendukung untuk berjalannya suatu metode yang digunakan dalam sebuah perusahaan
atau organisasi, antara lain : organisasi yang baik dan pemimpin organisasi
yang tentunya juga harus baik dalam memimpin, sumber daya manusia yang berkualitas
untuk melakukan kerja sama agar tercapai suatu tujuan, teori organisasi yang
dipakai harus sesuai dengan jenis atau bentuk organisasi yang dibentuk di dalam
perusahaan tersebut. Dengan demikian perusahaan tersebut akan lebih mudah dalam
mencapai tujuanya serta akan lebih terstruktur dan rapih karena memiliki metode
dalam organisasi nya.
Kesimpulan
:
Peran
organisasi dan metode yang baik dalam suatu perusahaan sangat penting untuk
tercapainya tujuan, visi dan misi perusahaan tersebut.
Komentar
Posting Komentar