BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakang
Usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara atau pun daerah, termasuk di Indonesia. Suatu usaha dikatakan sebagai UKM jika memiliki kekayaan bersih paling banyakRp. 200 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.Dan usaha tersebut berdiri sendiri.Sesuai menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perludi lindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat”. UKM di Indonesia pada umum nya meliputi beberapa usaha seperti usaha“Toko Rima Wahana Mukti” yaitu bidang usaha yang mendistribusikan minuman yang dijual kepada konsumen.usaha yang menjual produk kepada konsumen.
Usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara atau pun daerah, termasuk di Indonesia. Suatu usaha dikatakan sebagai UKM jika memiliki kekayaan bersih paling banyakRp. 200 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.Dan usaha tersebut berdiri sendiri.Sesuai menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perludi lindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat”. UKM di Indonesia pada umum nya meliputi beberapa usaha seperti usaha“Toko Rima Wahana Mukti” yaitu bidang usaha yang mendistribusikan minuman yang dijual kepada konsumen.usaha yang menjual produk kepada konsumen.
1.2 Tujuan
- · Mengembangkan Sumber Daya Manusia, menghargai prestasi serta menikmati apayang kita lakukan.
- · Menang untuk pelanggan dan untuk diri sendiri.
- · semangat untuk bertindak, bertanggung jawab dan sukses.
- · Inovasi selalu mencari cara yang lebihbaik
k.
1.3
Data
Data
yang digunakan oleh penulisa adalah data primer.Data primer merupakan sumber
data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli (tidak melalui
media perantara). Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan menanyakan langsung
kepada salah satu staff manajer(ketua toko) yg berada di jatimakmur.
BAB II
GAMBARAN
UMUM
2.1 Bidang usaha
Toko Rima Wahana Mukti bergerak dibidang
usaha distribusi
minuman yang memproduksi minumanseperti teh botol, fanta, sprint, coca-cola, ale-ale, oky jelly
drink dll.dengan proses mendistribusi
ke beberapa agen / toko.
2.2 Visi
Menjadi
perusahaan industri minuman yang terbaik, dengan senantiasa mengutamakan
kepuasan konsumen, dan menjungjung tinggi kepercayaan para pemegang saham serta
mitra kerja perusahaan.”
2.3 Misi
Menghasilkan laba yang pantas
untuk mendukung pengembangan perusahaan serta memberikan deviden yang memuaskan
bagi para pelanggan
2.4 Organisai
Toko rima wahana mukti mempunyai karyawan 12 orang dan mobil truk 3 dan
mobil kolbak mini 1, dimana 9 orang bertugas mengirim minuman,1 orang seksi, 1 orang bendahara 1 orang penanggung jawab.
Dan waktu bekerjanya senin sampai sabtu buka jam 8 pagi tutup jam 6 sore dan
hari liburnya minggu saja (tanggal merah tetep masuk).
BAB III
ISI
3.1
Penjelasan
Toko Rima Wahana Mukti adalah salah
satu jenis ukm yang ada di daerah jatimakmur. Toko ini mendistribusikan /
menjual minuman teh botol, aqua, ale-ale dan sejenisnya. Mendistribusikan /
mengirim minuman ke beberapa toko / agen yang memesannya. Dan saat ini “toko
rima wahana mukti “ mempunyai pelanggan yang sangat banyak didaerah bekasi.
Dalam sehari toko rima wahana mukti ini bisa mengirim8/9 mobil untuk
mendistribusikan kebeberapa agen agen yg memesan.
Daftar BeberapaHargaMinuman
No
|
NamaBarang
|
Per Karton
|
Per Pak
|
Eceran
|
Banyaknya
|
1
|
Ale-Ale
|
15.300
|
-
|
1 karton=24 cup
|
|
2
|
Aqua 240 ml/Gelas
|
19.000
|
-
|
1 karton=48 gelas
|
|
3
|
Aqua 330 ml/Mini
|
25.500
|
-
|
1 karton=24 botol
|
|
4
|
Aqua 600 ml/Tanggung
|
34.500
|
-
|
1 karton=24 botol
|
|
5
|
Aqua 1500 ml/Besar
|
32.500
|
3.000
|
1 karton=12 botol
|
|
6
|
Aquaria Gelas
|
15.000
|
|||
7
|
Big Cola 535 ml
|
30.000
|
1 karton=12 botol
|
||
8
|
Big Cola 3,1 lt
|
13.000
|
|||
9
|
Coca-cola/Fanta/Sprite Seru
|
26.500
|
|||
10
|
Coca-cola/Fanta/Sprite Slim
|
85.000
|
|||
11
|
Coolant
|
90.500
|
3.900
|
1 karton=24 botol
|
|
12
|
Fatigon Hydro
|
85.000
|
3.700
|
1 karton=24 biji
|
|
13
|
Floridina Orange 360 ml
|
28.000
|
1 karton=12 botol
|
||
14
|
Frestea
|
34.500
|
1 karton=8 botol
|
||
15
|
Fruit Tea Botol
|
90.000
|
|||
16
|
Mizone
|
30.000
|
-
|
1 karton=12 btl
|
|
17
|
Moun Tea
|
16.500
|
-
|
1 karton=24 cup
|
|
18
|
Nu Green Tea 500 ml
|
97.000
|
4.200
|
1 karton=24 botol
|
|
19
|
Okky Jelly Cup Isi 10
|
22.300
|
900
|
1 karton=25 cup
|
|
20
|
Okky Jelly Cup Jumbo Isi 2
|
21.500
|
1.000
|
1 karton=24 pak
|
|
21
|
Okky Jelly Drink
|
17.000
|
-
|
1 karton=24 cup
|
|
22
|
TeKita
|
17.500
|
|||
23
|
TehGelas
|
17.000
|
-
|
||
24
|
TehKotakSosro
|
51.500
|
|||
25
|
TehPucukHarum
|
23.700
|
|||
26
|
TehSosroBotol
|
90.000
|
BAB
III
Kesimpulan dan Saran
4.1 Kesimpulan
Penerapan system akuntansi pada usaha
menengah seperti ukm toko rima
wahana mukti penting dalam
mencapai keberhasilan usaha karena dapat menjadi dasar yang handal bagi pengambilan
keputusan ekonomis dalam pengelolaan dari keuangan, penetapan harga dan
keuntungan.
4.2 Saran
Sebaiknyatoko rima
wahana mukti meningkatkan
system akuntansi agar memperoleh kemudahan, serta dapat mendapatkan laporan
yang lebih mudah dalam hal keuntungan
Komentar
Posting Komentar